7 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Antisipasi Penularan Virus Corona

Iklan

7 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Antisipasi Penularan Virus Corona

RajoAmeh
15/03/20, 18:27 WIB Last Updated 2020-05-28T16:20:17Z
Ilusutrasi jaga kesehatan. Foto: Shutterstock

Jumat (13/3) kemarin, juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto mengumumkan bahwa penderita virus corona (COVID-19) di Indonesia mengalami peningkatan secara drastis. Di mana angka pasien penderita corona bertambah 35 orang dari sebelumnya 34, sehingga menjadi 69 orang.

Peningkatan angka penderita corona di Indonesia ini tentu membuat masyarakat merasa khawatir dan juga resah. Kekhawatiran tersebut juga semakin beralasan karena pada Rabu (11/3) kemarin, WHO resmi menetapkan wabah virus corona ini menjadi pandemi.

Pandemi sendiri bisa diartikan sebagai wabah yang terjadi dan berjangkit dalam satu kesempatan. Sementara menurut Dr. Michael Head, peneliti dalam bidang kesehatan global di University of Southampton, istilah ini biasanya merujuk pada penularan penyakit baru yang memiliki gejala berkelanjutan dan terjadi di banyak negara.

Ladies, khawatir akan merebaknya penularan virus corona memang hal yang wajar. Namun, Anda bisa melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah penularan virus ini, salah satunya dengan meningkatkan sistem imun. Sistem imun atau kekebalan tubuh sendiri merupakan sel-sel yang bertanggung jawab dalam melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar. Karena itulah, penting bagi kita untuk meningkatkan sistem imun untuk mencegah risiko penularan virus corona.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan atau menambah sistem imun tubuh? Berikut rangkuman informasinya dari berbagai sumber.

1. Makan teratur dan tepat waktu

Langkah pertama untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan makan secara teratur dan tepat waktu. Sebab, saat Anda memiliki imunitas tubuh yang kurang baik, maka asupan vitamin dan mineral (dari makanan) bisa membantu kondisi tubuh cepat pulih.

Saat mengonsumsi makanan, pastikan makanan tersebut mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, dan nutrisi lainnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, perhatikan juga pola makan Anda dan usahakan untuk makan secara teratur meski Anda memiliki kegiatan yang sangat padat.

2. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah

Selain makan secara teratur dan tepat waktu, Anda juga disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayur dan buah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Bahkan menurut sebuah penelitian, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur cenderung tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu, usahakan konsumsi sayur saat makan siang dan malam, dan konsumsi buah saat sarapan dan sebagai snack.

3. Rutin berolahraga

Tak hanya bisa membuat tubuh merasa lebih bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur juga bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, perbanyaklah berolahraga untuk melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam memilih jenis olahraga, Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tak terlalu berat; seperti berjalan kaki, lari, hingga lompat tali selama 30 menit.

4. Istirahat yang cukup

Salah satu cara sederhana yang bisa meningkatkan sistem imun adalah dengan istirahat yang cukup. Menurut sebuah penelitian, kurang istirahat atau waktu tidur bisa membuat Anda rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh menghasilkan sedikit antibodi pada saat kurang beristirahat.

Selain itu, kekurangan waktu tidur juga bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami stress hingga insomnia. Karena itulah, kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan waktu tidur sesuai usia, di mana waktu istirahat yang ideal untuk orang dewasa berkisar 7-8 jam per harinya.

5. Hindari stress

Menjaga diri agar tidak stress berlebihan merupakan kunci utama dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pasalnya, stress yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol dan dalam jangka waktu yang panjang peningkatan hormon kortisol ini bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Meluangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah; seperti berendam di air panas, meditasi, hingga menonton film bisa menjadi pilihan alternatif untuk terhindar dari rasa stress yang berlebihan.

6. Rutin mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena air membawa oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga sistem organ di dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, air juga bisa membersihkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh. Karena itulah, kita disarankan untuk mengosumsi minimal delapan gelas air putih per hari.

7. Rutin mengonsumsi vitamin C

Cara meningkatkan kekebalan tubuh yang terakhir adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Vitamin C atau asam askorbat telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh.

Vitamin C sendiri bisa menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, menurut sebuah penelitian, suplemen vitamin C juga bisa meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh.

Untuk meningkatkan sistem imun kita disarankan untuk rutin mengonsumsi vitamin C. Vitamin C itu bisa Anda dapatkan dari berbagai buah-buahan; seperti jeruk, stroberi, jambu biji, hingga pepaya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 7 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Antisipasi Penularan Virus Corona

Terkini

Iklan